• Jl. Agro No. 5 Kp. Banjar Baru
  • gunungkijangd@gmail.com

Sejarah Desa Gunung Kijang

26 Agustus 2016 AHMAD NURSEHA Dibaca 23.561 Kali

Secara Historis, dahulu Desa Gunung Kijang Berada Di wilayah kecamatan bintan timur kabupaten kepulauan riau, tetapi setelah otonomi dan pemekaran wilayah desa gunung kijang termasuk dalam wilayah kecamatan gunung kijang kabupaten bintan.

istilah kata gunung kijang diambil dari kata gunung dan Kijang, kata gunung sendiri adalah sebutan untuk gunung. sedangkan kijang artinya binatang kijang. berdasarkan sejarah yang dihimpun dari saksi sejarah bahwa dahulu wilayah gunung kijang banyakterdapat hewan kijang yang kemudian terkenal dengan sebutan daerah gunung kijang, dan sampai saat ini tetap kekal menjadi nama desa gunung kijang.

Disepanjang wilayah pantai desa Gunung Kijang masih terdapat daerah mangrove dan padang lamun . awal terbentuknya desa gunung kijang adalah suatu kampung yang dulunya yang dipimpin oleh seorang penghulu yang namanya Pak Datuk, setelah pergantian penghulu Datuk ke  Penghulu Ibrahim. Jabatan Kepala Desa pertama yaitu  Bapak Amiruddin Ib Yaitu merupakan anak dari penghulu Ibrahim . Yang menjabat semenjak tahun 1987 s/d 2008. 

Komentar untuk artikel ini telah ditutup.